Selasa, 22 Mei 2012

Gerakan Pilkada Jakarta Bebas Korupsi Melalui Street Art





Tak lama lagi, warga DKI Jakarta akan melakukan pemilihan kepala daerah (pilkada). Untuk mengawal Pilkada DKI Jakarta 2012 yang bebas korupsi, Transparency International (TI) Indonesia dan Propagraphic Movement, sebuah komunitas street art  mengadakan workshop penyebaran pesan anti korupsi melalui media street art di Serrum Jakarta Art Community, Jalan Kayu Manis II No 12, Jakarta Timur, Sabtu (19/5). 

Workshop bertujuan untuk mengajak masyarakat khususnya kalangan pemuda dan komunitas street art melakukan gerakan propaganda visual seperti membuat mural, graffiti, stensil, whate paste dan poster anti korupsi di beberapa titik ruang publik.

Kegiatan akan dilaksanakan pada akhir Juni sampai awal Juli dengan tema seputar money politic, janji palsu, penyalahgunaan kekuasaan, dan korupsi. Para peserta nantinya diberi kebebasan berkarya menurut karakter visual yang disesuaikan dengan tema/topik masing-masing.

“Tantangannya adalah bagaimana para street artist nanti dapat memvisualisasikan rumusan masalah dari tema yang diangkat ke atas media ekspresi dan dapat dengan mudah dinikmati oleh masyarakat luas,” kata Agus Sarwono dari TI Indonesia.

Adapun target peserta dibagi menjadi tiga yaitu kalangan remaja, pekerja dan orang tua.
Beberapa lokasi ruang publik yang akan dijadikan tempat berapresiasi diantaranya terowongan/underpass/tiang tol, embok pinggir jalan/toko, stasiun/terminal dan pasar tradisional. (RSD)

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Kita vs Korupsi Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger