Minggu, 13 Mei 2012

Film KvsK Ada Baiknya Diputar di TV Swasta





Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Mustaqim mengusulkan, ada baiknya film Kita Versus Korupsi diputar juga di stasiun televisi swasta. Film tersebut dinilai sarat pendidikan yang dibutuhkan untuk mendukung tujuan utama bangsa ini, yakni pencegahan korupsi.

"Ada baiknya film ini diputar di TV swasta. Selama ini, film dan sinetron kita banyak yang isinya tidak baik, seperti mengajari selingkuh, balas dendam, pamer kekayaan, dan anehnya malah diputar di jam malam saat keluarga berkumpul," ujar Mustaqim, Jumat (11/5).

Ia mengutarakan hal itu seusai menonton pemutaran film tersebut di Kota Balikpapan, Kaltim. Pemutaran film dirangkai dengan seminar "Pendidikan Mencegah Korupsi Melalui Pencegahan Korupsi sejak Dini".

"Ketika kita nonton film ini, kita dihadapkan pada realita dan tantangan kehidupan. Untuk menghilangkan korupsi, itu tugas kita bersama," ujar Mustaqim, yang juga menjadi pembicara di seminar tersebut.

Perwakilan Transparancy International Indonesia (TII), Zumrotin, mengatakan, film ini dibuat dengan bantuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Umumnya, korupsi diartikan penyalahgunaan anggaran negara, tapi di film ini tidak demikian. Kita melihat korupsi kecil-kecilan, seperti nyogok uang," katanya.

Film ini merangkai empat film pendek menjadi satu. Film pertama, Rumah Perkara, menggambarkan perbuatan pemimpin yang korup. Seorang lurah malah jadi kaki tangan pengusaha yang menggusur rumah warga demi proyek real estat.

Film kedua, Aku Padamu, menceritakan sikap seorang gadis yang tidak bangga menjadi anak koruptor.
Film ketiga, Selamat Siang Rissa, menceritakan seorang mandor gudang perusahaan pemerintah yang mempertanyakan sikap pedagang yang menimbun beras. Sogokan ditolak, padahal anaknya tengah sakit dan butuh biaya.

Adapun film keempat, Pssttt, Jangan Bilang Siapa-Siapa!, bercerita tentang siswa-siswi yang jadi korban kepala sekolah dan guru yang mencari untung melalui berjualan buku.

Sumber: Kompas.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Kita vs Korupsi Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger