Rabu, 02 Mei 2012

Dirut Pertamina: Saya Bangga Film KvsK Hadir di Masyarakat





Di tengah banyaknya kritik terhadap perfilman di Indonesia, film Kita Versus Korupsi (KvsK) memberikan warna yang berbeda di tengah masyarakat. Menurut Direktur Utama (Dirut) Pertamina Karen Agustiawan, selama ini banyak produk film yang dibuat asal jadi dengan konten film yang kurang baik. Tapi di KvsK berbeda, bukan hanya beda dari aspek teknis film, tapi juga dari aspek konten. 

“Saya sangat bangga ketika KvsK berada ditengah masyarakat,” ujarnya saat memberi sambutan sesaat sebelum pemutaran film KvsK di Theatre 1 XXI Epicentrum, Jalan HR Rasuna Sahid, Kuningan, Jakarta, Rabu (2/5).

Acara nobar KvsK diselenggarakan oleh PT Pertamina dan dihadiri sekitar 2000 penonton, diantaranya karyawan Pertamina, mahasiswa Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Negeri Jakarta dan pelajar MAN 3 Jakarta.

Karen berharap film KvsK menjadi media kampanye yang efektif dalam rangka kampanye antikorupsi. Pertamina sendiri tengah bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam upaya pencegahan korupsi di lingkungan Pertamina. “Kita ingin Pertamina menjadi role model sebagai BUMN anti korupsi,”tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua KPK Abraham Samad menyatakan perilaku korupsi masih terus menghantui masyarakat. Sehingga diperlukan kiat-kiat atau metode-metode pencegahannya. “Bagaimana kita bisa merubah paradigma di masyarakat tentang perilaku koruptif. Kejahatan korupsi itu sudah menyebar.Korupsi itu ibarat virus, oleh karenanya kita harus sebarkan virus-virus anti korupsi di masyarakat,”jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) Transparency International Indonesia (TII) Teten Masduki lebih menyorot proses produksi film Kvsk yang digagas oleh TII dan para sineas muda. “Kita pilih film sebagai media pendidikan di masyarakat. Selama ini kita selalu menyalahkan pemerintah, birokrasi, dan lain-lain. Namun kita lupa korupsi terus diproduksi di masyarakat,”ujarnya.

Selain nobar, acara diselingi penyematan pin untuk kalangan anak muda sebagai simbolisasi gerakan antikorupsi dikalangan anak muda. (TL/RSD)


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Kita vs Korupsi Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger