Jumat, 20 April 2012

Kampanye Anti-Korupsi Dikembangkan ke Format Lain





Untuk mewujudkan komitmennya terhadap pemberantasan korupsi di Indonesia, Transparency International Indonesia (TII) terus mengembangkan konsep kampanye anti korupsi yang melibatkan partisipasi masyarakat. Bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Management Systems International (MSI), TII menyelenggarakan workshop “Kampanye Bersama Melawan Korupsi” di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, Kamis (19/4). 

Workshop sehari ini melibatkan berbagai komunitas diantaranya komunitas pendidik (guru), film maker, penggiat sosial, seni dan budaya serta Eagle Institute. 

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) TII Teten Masduki menjelaskan salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi tentang tantangan dan arah kampanye korupsi saat ini.  Sebelumnya TII bersama KPK, USAID Indonesia, MSI, dan Cangkir Kopi telah memproduksi film bertema anti korupsi “Kita versus Korupsi” atau KvsK. Film yang mengangkat kehidupan masyarakat sehari-hari ini mendapat sambutan dan apreasiasi luar biasa dari masyarakat. 

“TII sendiri melalui film KvsK mencoba bersinergi dengan semua elemen masyarakat lain, termasuk seniman merumuskan materi kampanye anti korupsi agar lebih luas melalui bentuk yang mudah dipahami,” kata Teten.

Dalam forum ini semua perwakilan komunitas memaparkan pengalaman, ide dan strategi yang dapat dilakukan untuk terlibat dalam gerakan kolektif kampanye anti korupsi. Dari berbagai masukan tersebut diharapkan dapat dihasilkan pemetaan bersama dari peran dan tanggung masing-masing strategic group terhadap gerakan anti korupsi. 

“Kami dari Kelompok Seniman Jalanan Jakarta (KSJJ) ingin membuat konser musik jalanan dengan tema anti korupsi,” ujar Ryan Hamzah dari Teater Tukang. 

Selain perwakilan dari seniman, hadir pula perwakilan dari KPK dan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang sama-sama sepakat menyatakan bahwa gerakan melawan korupsi ini tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri. Untuk adanya gerakan bersama, harus ditumbuhkan terlebih dahulu kesadaran kolektif untuk melihat korupsi sebagai musuh bersama. (AS/RSD)

  

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kita vs Korupsi Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger