Rabu, 20 Juni 2012

Warga Indonesia di New Zealand Apresiasi Film KvsK





Suhu udara yang dingin disertai hujan dan angin di Wellington, New Zealand, Sabtu (16/6) sore lalu tak menghalangi niat para pelajar dan warga Indonesia di Wellington untuk menyaksikan film Kita versus Korupsi (KvsK). Sebanyak 100 pelajar dan warga Indonesia yang tergabung dalam Komunitas Masyarakat Indonesia Wellington (Kamasi) hadir menyaksikan film KvsK di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Wellington, New Zealand.

Pemutaran film KvsK diselenggarakan oleh New Zealand Indonesian Association (NZIA) dan Kamasi dalam rangka perkenalan pengurus baru NZIA-Kamasi Periode 2012-2013. Hadir pula dalam acara ini Duta Besar Indonesia untuk New Zealand Agus Sriyono beserta istri Astuti R. Widiati, dan segenap pengurus NZIA-Kamasi.

Acara dibuka dengan perkenalan pengurus baru NZIA-Kamasi periode 2012-2013, dan dilanjutkan debriefing kunjungan PM New Zealand John Key ke Indonesia pada April lalu oleh  Agus Sriyono. 

Sebelum pemutaran film, acara dimeriahkan dengan pertunjukan angklung dan  food bazaar

Penonton Antusias

Film berdurasi 70 menit ini ternyata menguras perhatian penonton. Mereka sangat antuasis menyaksikan film KvsK. Dalam diskusi usai pemutaran film, para penonton menyatakan apreasiasinya terhadap film KvsK yang dinilai sangat bagus di tengah situasi dan kondisi dimana Indonesia saat ini sedang berusaha memberantas korupsi. 

Dalam kesempatan ini juga terungkap, sebagian penonton tidak menyangka bahwa korupsi telah terjadi di lingkungan sekolah dan dilakukan oleh guru murid. Perilaku korupsi diperparah dengan ulah pebisnis dan pegawai pemerintahan guna memperlancar usaha bisnis dan pegawai negeri yang notabene melayani masyarakat pun sudah terkontaminasi. Di lingkungan keluarga, untuk mempercepat urusan agar tidak berbelit-belit mereka melakukan tindakan cepat seperti menyuap.

“Pemberantasan korupsi hendaknya dilakukan di semua bidang dari yang terkecil hingga terbesar bahkan sampai ke murid-murid,” kata salah seorang penonton.

Penonton lain senang melihat acting Tora Sudiro dalam film Selamat Siang Rissa. “Keempat film sangat bagus dan edukatif, serta membuka mata kita. Film ini menggambarkan persis situasi di Indonesia saat ini,”ungkapnya.

Di akhir acara, banyak diantara penonton menanyakan bagaimana cara mendapatkan film KvsK. 

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Transparency International Indonesia yang telah memperkenankan film tersebut diputar di KBRI Wellington, New Zealand,”tulis pengurus NZIA melalui email.

Mereka berharap melalaui film KvsK, pesan-pesan anti korupsi sampai kesemua kalangan dan merasuk di hati masyarakat Indonesia khususnya generasi muda. (Erlinawati/RSD)

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Kita vs Korupsi Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger